Kerusakan pada gardan kendaraan roda empat - satu dari sekian banyaknya komponen yang menyandang peranan penting pada kendaraan roda empat ialah gardan atau differential yang menyandang fungsi paling utama selaku pembeda putaran as roda kiri serta kanan pada kendaraan. Yang dengannya adanya gardan ini ia radius sudut belok kendaraan beroda empat menjelma makin pendek.
Komponen differential ini terdiri dari seputar rangkaian gear atau laher atau bearing yang dilengkapi yang dengannya oli pelumas agar gear yang ada didalam gardan enggak cepat aus serta rusak. Karena system kerjanya yang selalu bergesekan ini ia gardan mau cepat mengalami kerusakan jika kita sampai telat intern melakukan penggantian oli gardan. Gear gardan yang telah aus ini selain menurunkan kinerja akselerasi disaat belok juga membuat bunyi dengung yang menganggu.
Bunyi gardan yang mendengung dengung ini biasanya diakibatkan karena kondisi laher bearing ataupun gear yang ada didalamnya terlalu rapat ( enggak di dapati celah ) menjadikan timbul bunyi yang demikian.
Baca juga : Cara kerja fitur cruise control pada kendaraan roda empat
Selain bunyi dengung yang menjengkelkan layaknya bunyi pesawat terbang ini, terdapat lagi seputar masalah lain yang seringkali timbul pada gardan atau differential kendaraan beroda empat yang diantaranya merupakan selaku berikut :
Gardan kendaraan roda empat terasa menggentarkan saat akselerasi
Terkadang gardan juga mampu menggentarkan disaat kendaraan beroda empat sedang dipacu dijalan raya, hal ini penyebabnya yaitu karena adanya satu dari sekian banyaknya atau komponen bearing yang ada didalam gardan kendaraan beroda empat rusak, hancur atau ambrol. Ambrolnya bearing yang ada didalam gardan ini pun dipengaruhi oleh enggak secuil faktor, selain faktor usia mampu penyebabnya yaitu karena kualitas material yang digunakan enggak baik ( imitasi ) waktu melakukan penggantian, atau mampu juga karena penyetelan yang salah jika gardan pernah dibongkar.
Oli gardan bocor atau merembes
Masalah yang kerap kali menghampiri gardan selanjutnya merupakan karena adanya kebocoran ataupun adanya rembesan oli gardan yang keluar. Hal ini biasanya diakibatkan karena baut sumbat oli gardan kurang kencang, mampu juga karena sumbat oli enggak memakai packing anyar. Jika gardan kendaraan beroda empat pernah dilakukan pembongkaran serta sebenarnya bocor kembali, besar kemungkinan karena sewaktu mekanik merakit kembali gardan, pemasangan packing kurang jitu serta atau karena cara pemberian lem sealer yang kurang rata menjadikan terjadi kebocoran berulang.
Oli gardan bocor karena Seal pinion gear yang telah aus
Ada seputar kendaraan beroda empat yang juga mengalami kebocoran di bagian gardan tepatnya pada pangkal pinion gear, yakni sebuah gear yang menghubungkan rumpang ring gear menuju batang propeller. Di bagian pinion ini juga terdapat sebuah seal yang menahan agar oli gardan enggak bocor ataupun merembes lewat celah ini, serta karena mana tahu usia seal yang telah tua serta aus membuat oli gardan mampu meresap serta merembes dari celah ini.
Oli gardan bocor karena Seal as roda sudah aus
Kebocoran oli gardan mampu juga lewat as roda belakang kendaraan beroda empat yang dikarenakan seal as roda juga mengalami keausan menjadikan lambat laun oli mampu bocor lewat bagian as roda, yang selanjutnya mau merembes kedalam drum brake serta mempengaruhi kinerja rem tromol belakang kendaraan beroda empat.
Adanya retak di bagian gardan
Kejadian retaknya gardan sebuah kendaraan memanglah Amat jarang sekali terjadi, mau tetapi enggak menutup kemungkinan bahwasanya kebocoran oli gardan mampu bermula dari retak pada bagian gardan, karena penulis sendiri pun pernah memergoki kendaraan beroda empat isuzu panther gardan nya retak sebesar rambut serta oli selalu keluar lewat celah retakan ini. Foto mau penulis upload alokasi yang keretakan kecil ini, masih dicari di file folder soalnya :).
Gardan kendaraan beroda empat retak |
Baca juga : Ketahui penyebab kendaraan roda empat diesel masuk hawa
Nah itulah tadi aneka macam masalah yang sering kali menghampiri gardan kendaraan roda empat kesayangan kamu. Agar gardan kendaraan beroda empat selalu awet serta enggak terjadi kebocoran yang demikian sebaiknya lakukan perawatan pada bagian ini, semisal melakukan penggantian oli gardan jitu waktu, selalu mengganti packing sumbat oli yang dengannya yang anyar setiap kali mengganti oli gardan, serta bila sewaktu waktu kamu Perlu membongkar gardan karena alasan tertentu di bengkel repair, pastikan gunakan lem serta packing berkualitas enggak jelek alias bagus agar enggak terjadi bocor berulang. Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com
Penulis : https://plus.google.com/+AhmadAmbar (fb : https://web.facebook.com/ahmadambarsubang)